Minggu, 10 Januari 2016

Dia Pak Cholid Mashar.. Dia "Bapak" bagi saya..

Dia bukan orang tua saya
                                                 Tapi dia menasehati..
Dia bukan orang tua saya
                                                   Tapi dia mengayomi..
Dia bukan orang tua saya..
                                         Tapi dia "bapak" bagi saya..
Regrads,
Deka Indo Astra Putra 




Sebelum bercerita lebih jauh saya ingin menceritakan seseorang, beliau adalah salah satu orang yang berjasa didalam karir saya, berbicara tentang orang yang berjasa di karir basket saya mungkin tidak akan ada habisnya.. Begitu banyak orang yang ada didalamnya mulai dari saya mengenal basket sampailah sekarang menjadi pemain basket..


Dari SD saya mengenal permainan ini berlatih dan berlatih sampai sekarang dalam perjalanan itu banyak sekali orang-orang yang berjasa didalam karir saya.. Terima Kasih untuk mereka, bagi saya mereka luar biasa!, tapi kali ini saya ingin membahas sosok yang benar-benar mengenalkan saya basket dan rasa kekeluargaan dia adalah Pak Cholid Mashar..


Kesan pertama saya melihat bapak adalah dia orang tua.. ya hanya itu.. mungkin kalian semua akan berpendapat sama dengan saya ketika melihatnya pertama kali dengan rambut yang mulai menipis, wajah yang tampak semakin mengeriput.. tapi jangan tanya badannya! badannya masih segar bugar, bahkan kekar sampai sekarang saya mungkin belum bisa menyaingi badannya haha.. Beliau kabarnya mantan petinju dulu bisa dibayangkan bagaimana badan dan otot-otot tangannya? Sangar!, Tapi biarpun sangar beliau sangat murah senyum apalagi ketika saya mengobrol dengannya, canda senyum tetap menghiasi obrolan kami..


Di lapangan beliau sangat keras seperti yang saya ceritakan di cerita sebelumnya, Beliau bukan melatih basket tapi wajib militer! pernah beliau menginstruksikan kami untuk jalan jongkok, lompat kodok, berlari sembari menggendong teman kami treknya hanya bolak-balik lapangan basket tetapi satu jam! Bisa dibayangkan betapa tersiksanya kami dan itu selalu di setiap sebelum latihan katanya "lah, kenapa pada capek? ini baru pemanasan kok" yak hanya pemanasan katanya.. dan ketika sudah selesai latihan kami bukan muntah kuning seperti yang biasanya atlet-atlet alami, kami muntah putih atau yang kami muntahkan adalah cairan tubuh kami bahkan pernah muntah tetapi tidak ada yang dimuntahkan, AMPUN PAAKK!! Itu kata-kata wajib kami ketika itu.. 


Pernah juga beliau mengumpulkan kami di tengah lapangan membuat lingkaran, berbaring dan disuruh menutup mata kami mengira ini hanya bentuk istirahat atau relaksasi tetapi ketika beliau menyuruh membuka mata beliau pun menginjak badan kami satu-satu "Biar kuat badannya ga lemah-lemah kayak banci" katanya.. Lantas kami pun harus menahan yang dilanjutkan dengan teriakan kata-kata wajib kami lagi, "AMPUN PAAK!!".


Ada 2 momen yang tidak bisa saya lupakan jika membicarakan beliau, yang pertama sudah saya jelaskan di tulisan saya "Goresan Luka Di Pertandingan Pertama" dimana saya tertunduk lesu bahkan menangis ketika tim saya kalah.. dengan santainya beliau berbicara "kamu baru kali ini kan tanding ??, yaudah santai, laki kok nangis jadi cewek aja sana pake rok!", yang satu lagi ketika latihan, waktu itu sedang ada sesi game dan lawannya adalah senior-senior di klub bola basket telkom saat itu saya sudah sangat capek untuk bermain tapi bapak sama sekali belum mengistirahatkan saya, saya pun berinisiatif untuk minta izin diturunkan dan diistirahatkan, "Pak, saya capek gantikan saya pak, lihat nih pak muka saya udah pucat" lalu yang dia bilang hanya " baru pucat kan? belum mati? yaudah lanjut aja", 


Selain perangainya yang menua tetapi berbadan kekar, bapak juga punya ciri khas lainnya dari bapak yang waktu dulu belum pernah saya temukan dari orang lain yaitu teriakan-teriakan yang dikeluarkannya pada saat latihan maupun ketika bertanding, "deka goblok!!", "deka begoo!!", "gausah bodoh-bodoh deka!", "katanya bisa tapi kok bego?!!", dan kata-kata lainnya yang mungkin dirasa tidak pantas untuk saya tulis hehe..

yah.. sekian cerita tentang seorang "bapak" bagi saya, rindu rasanya dilatih intensif dengannya lagi tapi sayang beliau sudah terlalu sibuk dengan pekerjaannya dan juga beliau ingin memberi kesempatan kepada pelatih-pelatih muda lainnya.


Selesai,....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar