Jumat, 04 Februari 2011

Awal Mula

Saya menulis ini.. Bukan untuk memojokkan nama seseorang ataupun suatu sekolah.. Saya menuliskan ini, untuk mencurahkan segala pengalaman yang saya lihat, dengar, dan saya alami.. Nama - nama yang termasuk didalam ini bukanlah unsur kesengajaan.. Melainkan hanya cerita yang secara spontan saya keluarkan langsung disini.. Selamat menikmati.. With love..
Regrads,

Deka Indo Astra Putra -


Mungkin banyak orang yang tidak mengenal saya.. Bahkan mendengar nama saya sewaktu smp dlu.. Nama Deka Indo Astra Putra tidak pernah terdengar di kalangan anak basket di kala itu, Bersekolah di smp islam al-azhar membuat saya mengenal dan mempelajari permainan bola basket.. Saya belajar dan menerapkan ilmu dari pelatih setiap kali berlatih ataupun hanya game karna menurut saya itu adalah sebuah keharusan saya bermain basket bukan untuk keren-kerenan jika ingin terlihat keren main band saja!, dijaman itu istilah anak band sangat digandrungi oleh para wanita dimana seorang lelaki dikatakan keren karena memegang sebuah alat musik, padahal ketika pelajaran seni musik saya memegang alat musik yang bernama pianika tapi tetap saja derajat saya tidak naik didepan teman-teman wanita saya haha.  Pelatih pertama saya adalah pak sukma, beliau adalah staf tata usaha di smp islam al-azhar ia juga mantan pemain basket di masa dulu dan ketika smp beliau berlatih basket di sebuah klub yang cukup terkenal di pontianak. Disaat istirahat sekolah saya suka duduk bersama untuk melepas dahaga sambil bertukar cerita, beliau menceritakan semua pengalamannya ke saya dan sampai sekarang masih saya ingat semua apa yang diceritakannya. 

Tibalah disaat latihan di sekolah... oia, dulu ketika pertama kali masuk belum ada lapangan basket maklum sekolahnya baru dibuka untuk jenjang SMP kami merasakan lapangan basket ketika kelas 2 SMP itupun baru setengahnya ya cuma setengah lapangan dan satu ring basket! miris dan mengiris rasanya dan di kelas 2 SMP ketika akan semester akhir barulah kami merasakan lapangan penuh dan 2 ring basket haha.. Dari jam setengah 4 kami mulai berlatih danseperti biasa saya latihan biasa diantar sama orang tua kalau ga ada yang anter terpaksa jalan kaki! karena ketika SMP belum (mau) bisa bawa motor, Kami berlatih banyak hal dari yang mudah sampai yang memusingkan kepala, Tapi yang paling saya ingat dari ajaran pak sukma adalah PICK AND ROLL (yang gatau silahkan google) Bagi saya di kala itu apa yang diajarkan beliau sangat aneh entah kenapa hal ini mesti dilakukan sepertinya ini sangat membuang waktu lebih baik kita berlatih bagaimana caranya bola basket itu bisa masuk terus ke keranjang ketika saya melemparnya. Saya cukup heran kenapa ilmu pick and roll harus diajarkan kepada saya dan teman saya. Permainan ini sangatlah sederhana tinggal memasukkan bola sebanyak - banyaknya dari lawan dan kita pun menang, SEDERHANA. Rupanya saya salah kaprah, basket itu tidak sesederhana yang saya kira, untuk memasukkan bola kita harus melewatkan lawan dengan TEAMWORK, dan ketika saya mencermati itu (meskipun agak terlambat menyadari ini hehe), saya pun jadi mengerti kenapa beliau memberikan saya dan teman-teman ilmu pick and roll, bahkan ketika sekarang saya sangat dikenal identik memakai pick and roll itu.

Pada saat saya kelas 2 smp semester akhir,pak sukma tidak bisa melatih lagi karna beliau sudah berkeluarga selain itu beliau mempunyai hobi memancing yang katanya lebih penting (padahal dapet juga enggak haha). Beliau pun mencari pengganti pelatih yang pantas untuk kami yang rata-rata bukan dasarnya pemain basket. Beliau mengambil temannya yang juga pemain klub bola basket di pontianak kebetulan mereka pernah bermain bersama-sama, namanya herman, mungkin bisa kita panggil bang herman ato bang beruang bahkan di pontianak dia dikenal HERMAN BERUANG.Badannya yang sangat besar dan tinggi membuat dia dipanggil demikian. Selama dilatih olehnya kami diajarkan cara bermain basket yang benar, dari passing, shoot, dribble dan defense yang benar, hal luar biasa yang saya ingat dari bang herman adalah bang bru ini sangat tegas tapi juga sangat baik dalam mengajar bahkan kadang ada sedikit guyonan yang membuat kita serius tapi santai dalam latihan. 

Semasa smp saya tidak pernah turun dalam pertandingan resmi basket, pernah kami meminta untuk ikut bertanding, tapi, apa daya sekolah tidak mengijinkan kami mengikuti pertandingan tersebut, bahkan saya dibilang pembohong oleh sepupu-sepupu saya, karena saya bilang saya akan bertanding di sebuah kompetisi bersama-sama dengan mereka, tapi rupanya saya tidak ikut, sedangkan sepupu-sepupu saya yang bersekolah di smp 3, smp suster, smp 10, sma 1, sma 7 mengikuti pertandingan tersebut. Cukup membuat saya kecewa dan frustasi akan hal itu. Saya hanya bisa menonton dan mendukung pertandingan sepupu-sepupu saya tersebut, dan ketika melihat sebuah pertandingan basket untuk pertama kalinya saya tersadar rupanya masih banyak orang yang hebat dari saya. Ketika menonton pertandingan tersebut saya pun berkata didalam hati bahkan bersumpah!, bahwa saya akan berdiri di lapangan tersebut, mengenakan seragam yang saya banggakan, memakai sepatu serta berlari-lari membawa bola basket melewati seorang lawan di sebuah pertandingan seperti yang saya dambakan. 

Selesai..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar